Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Untuk Ibu dan Calon Buah Hati


Hamil merupakan sebuah anugrah terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada pasangan suami istri. Kehadiran sang calon buah hati merupakan hadiah paling indah, Tuhan memberikan titipan seorang anak untuk merawatnya, menjaganya, dan mendidiknya menjadi anak yang berbakti pada orang tua, pada agama dan pada nusa bangsa. Sang calon ibu pasti akan merasa bahagia ketika hamil. Ketika sang ibu mengetahui dirinya hamil, ibu akan menjaga kesehatan janin dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan cara memberikan asupan gizi yang bagus untuk kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Ibu perlu memperhatikan minuman dan makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan calon buah hati. Nah, berikut ini merupakan beberapa minuman dan makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil :
ü  Air putih . Seberapa banyak pun air putih yang diminum tidak akan berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Apalagi untuk ibu hamil, sangat baik. Bahkan, air putih sangat sehat bagi tubuh, yakni dapat membantu memperlancar perdaran darah. Jadi, konsumsilah 2 liter air putih yang sama dengan 8 gelas setiap harinya.
ü  Susu . Susu merupakan minuman yang mengandung sumber kalsium dan vitamin D, apalagi bagi calon buah hati yang memerlukan kalsium untuk  tulang yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain mengingat kebutuhan kalsium  yang meningkat selama hamil, sebaiknya  mengkonsumsi susu sekitar 2 gelas setiap hari. Minumlah susu khusus untuk wanita hamil, karena susu khusus wanita hamil  telah diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral.
ü  Jus buah . Satu gelas jus buah dalam sehari bisa menjadi cara yang terbaik untuk mendapat vitamin. Meskipun demikian, jangan mementingkan minum jus ketimbang air putih atau tidak mengonsumsi vitamin yang diberikan oleh dokter. Karena, bisa jadi vitamin dari buah dan sayur yang dikonsumsi tidak mencukupi kebutuhan tubuh.
ü  Sport drink . Merupakan minuman yang berfungsi untuk menggantikan zat elektrolit yang hilang ketika tubuh berkeringat. Jadi, jika ibu aktif, sport drink memang bisa menjadi pilihan. Tapi, jika ibu tidak banyak bergerak,maka  minuman ini tidak diperlukan. Minum air putih saja sudah cukup. Perlu diingat, sport drink sama sekali bukan pengganti air putih dan biasanya mengandung zat pengawet yang justru kurang baik bagi kesehatan.
ü  Air Kelapa. Air kelapa banyak diyakini bisa membuat buah hati yang ada dalam kandungan berkulit putih dan kepalanya bersih dari kerak kepala. Air kelapa bagus bila diminum ibu hamil, namun tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi air kelapa, Karena air kelapa mengandung kalium yang cukup tinggi.
ü  Yoghrut. Yoghrut baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena yoghurt akan memperkuat tulang.
ü  Biji-bijian. Biji-bijian kaya akan gizi dan serat. Makanan ini mudah dicerna dan rendah kalori.
ü  Keju.  Mengkonsusmsi keju baik untuk ibu hamil, karena keju rendah lemak, rendah kalori dan kaya akan kalsium. Selain itu keju tidak memilki bakteri yang dapat menyebabkan infeksi atau penyakit.

Namun ada juga minuman dan makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil, berikut contohnya :
ü  Kopi. Kopi harus dihindari oleh ibu hamil karena kopi mengandung kafein yang akan cepat diserap oleh tubuh untuk merangsang sistem saraf pusat dan membuatnya terjaga. Kandungan zat ini dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah yang bisa menyebabkan iritasi lambung.
ü  Teh
ü  Softdrink. Minuman ringan bersoda atau softdrink mengandung zat kimia dan kafein, kalori yang tinggi membuat perut cepat kenyang, sehingga akan mengurangi asupan gizi yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin di dalam kandungan.
ü  Minuman Beralkohol. Sedikitpun kandungan alcohol, selama masa kehamilan minuman beralkohol harus dihindari. Menjauhi minuman beralkohol berarti mengurangi risiko bayi dengan cacat lahir.
ü  Minuman instant. Yang termasuk dalam minuman instant adalah aneka minuman siapa minum dalam kemasan. Jika minuman instant terbuat dari sari buah tak perlu dihindari, memang komposisi utamanya adalah sari buah yang kemungkinan besar bukan berasal dari bahan-bahan alami atau kemungkinan mengandung unsure kimia yang bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Kandungan gula yang sangat tinggi akan membutuhkan supali vitamin B12 untuk mencerna gula tersebut, maka semakin terkuras vitamin B fungsi sistem saraf akan terganggu, dan gejala yang akan muncul adalah gejala yang berupa kelelahan.
ü  Minuman suplemen. Minuman suplemen yang banyak diklaim bisa menambah tenaga, mampu menambah semangat dan bisa meningkatkan stamina. Minuman suplemen sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, baik minuman dalam kemasan botol ataupun bubuk dalam sachet yang banyak dijual dipasaran. Minuman suplemen memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi dan mengandung bahan pengawet maupun bahan-bahan kimia tertentu sebagai campuran, agar dapat memenuhi fungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh secara instant.
ü  Mengindari makanan beku. Makanan beku tidak organik dan  mengandung kadar garam yang cukup tinggi, sehingga tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan.
ü  Hindari Mie. Mie tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena mengandung kadar garam yang tinggi dan mengandung banyak kalori yang sulit dicerna, selain itu mie juga banyak yang mengandung bahan pengawet, jadi sangat tidak baik untuk kesehatan ibu dan bayi.








http://ads.liputan6.com/www/delivery/lg.php?bannerid=525&campaignid=177&zoneid=289&loc=1&referer=http%3A%2F%2Fhealth.liputan6.com%2Fread%2F479146%2Fmakanan-yang-boleh-dan-tidak-boleh-untuk-ibu-hamil&cb=3ebd3bf78d

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar