Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Semua Tentang Melon ^^



Melon merupakan buah yabg termasuk dalam suku labu-labuan. Buah melon biasanya dimakan segar sebagai hidangan meja atau sebagai campuran dalam es buah. Daging buah melon bertekstur lunak, berwarna putih bisa samapai merah, tergantung jenis melonnya. Buah melon banyak ditemukan di supermarket maupun di pasar tradisional. Di dalam buah melon sekitar 95 % dagingnya mengandung air, sehingga dapat memberikan rasa dingin dan efek yang menyejukkan ketika mengkonsumsinya. Melon mempunyai sifat yang dapat menyegarkan, maka melon dapat meredakan panas dalam perut lho teman. Buah melon mengandung berbagai vitamin, diantaranya vitamin A, B, C, kalsium, fosfor serta tak pernah ketinggalan, yaitu kandungan proteinnya. Kandungan nutrisi melon adalah 15 mg kalsium, 25 mg fosfor, 0 mg zat besi, 34 mg vitamin C, 640 I.U vitamin A dan 0.03 vitamin B1. Buah melon mengandung antikoagulan yang sering disebut dengan adenosine, adenosine ini mampu menghentikan penggumpalan keeping sel darah lho, perlu diketahui bahawa penggumpalan keeping darah ini dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung, sementara kandungan karotenoid yang tinggi mampu mencegah penyakit kanker lho teman, hebat bukan buah yang bulat hijau imut-imut ini ^^.
Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa manfaat dari buah melon :
ü  Anti Kanker. Buah melon mengandung karotenoid yang tinggi sehingga buah ini dapat mencegah kanker dan juga menurunkan resiko serangan dari  penyakit  kanker paru-paru. Nah, Buah melon ini dapat membunuh serta mencegah bibit-bibit kanker yang akan merusak tubuh lho. Jadi konsumsilah buah melon agar bisa terhindar dari penyakit kanker.
ü  Anti Stroke atau Jantung.  Buah melon mengandung antikoagulan yang disebut adenosine mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke. Jadi teman, buah melon akan membantu melancarkan darah dalam tubuh sehingga beresiko kecil timbulnya penyakit stroke atau jantung
ü  Melancarkan BAB. Buah melon dapat melancarkan BAB, bila kita mengalami masalah pencernaan maka makanlah melon agar dapat mudah dan lancar BAB. Air yang dikandung  dalam buah melon sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan. Mineral yang terdapat didalam buah melon  ini mampu menghilangkan keasaman tubuh yang perlu dihilangkan karena dapat mengganggu pencernaan, khususnya pada bagian  lambung lho.
ü  Menjaga kesehatan kulit. Buah melon mengandung kolagen yakni senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, ya contohnya kulit.Kolagen juga berrguna untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit.Jika  sering makan buah melonakan menjadikan  kulit  tidak akan kasar dan kering.
ü  Membantu menyembuhkan penyakit ginjal dan eskim.  Buah melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa membantu menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang akut dan parah. Jika modifikasi  dengan lemon,maka buah melon ini  dapat meembasmi penyakit asam urat. Jadi ada baiknya bila mengkonsumsi buah melon sehari sekali secara rutin pada pagi hari.
ü  Meredakan panas dalam. Kadar air pada buah melon mencapai 95%,sehingga memberi efek yang sejuk –sejuk ^^. Karena itu,buah melon juga  bermanfaat untuk meredakan panas dalam.

Buah melon dapat dibuat menjadi hidangan yang elegant lho teman, berikut resep minuman dan makanan dari buah melon.

Jus Melon Susu




Bahan :
  • 200 gram buah melon hijau
  • 50 ml air matang
  • 150 ml susu formula
Cara membuat :
  1. Potong-potong buah melon. kemudian,  blenderlah  bersama air  yang matang sampai halus.
  2. Cairkan dengan susu formula tadi. aduk rata. Tuangkan  ke dalam gelas.
  3. Jus melon siap disajikan ^^
manfaat :
Melon mengandung adenosin yang berfungsi sebagian antikoagulan atau pencegah terjadinya penggumpalan darah lho teman. selain itu juga , khasiat dari  mengkonsumsi melon juga mampu menurunkan demam pada anak lho, mengatasi masalah  sembelit, dan dapat   mencegah dehidrasi^^.


Es Krim Melon


Resep bahan es krim melon :
  • 200 gr daging buah melon, blender hingga lembut
  • 600 ml susu tawar cair/ susu segar
  • 60 ml krim kental/double cream
  • 200 g gula pasir
  • 3 sdm susu kental manis
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt esen melon/essen jeruk
  • 1/4 sdt garam halus

Cara membuat es krim melon :
  • Larutkan tepung maizena, gula pasir dengan susu tawar yang cair, lalu aduk rata. Rebuslah sambil terus diaduk sampai mengental hingga mendidih ya. Angkat, dinginkan deh.
  • Masukkan melon yang sudah diblender  tadi, krim kental, esen melon, susu kental manis, dan sedikit garam. Aduklah dengan rata.
  • Masukkan campuran adonan ke dalam wadah. Masukkan dalam freezer selama  ya kurang lebih satu malam. Keluarkanlah  dari dalam freezer,kemudian keruk-keruk dengan sendok ya dan mixer hingga lembut. Kemudian masukkanlah kembali dalam Freezer.Nah,  Lakukan 3 hingga 4 kali ya .

Penyajian: Siapkan gelas saji, keruk ice cream dengan sendok ice cream ya . Agar lebih cantik dan indah, siramkan dengan sirup melon dan potongan buah melon atau jeruk, atau juga bisa dengan strawberry sebagai pelengkap. Es krim melon siap disajikan ^^

Buah bulat hijau ini ternyata banyak manfaatnya, selain dijadikan untuk minuman ataupun makanan, ternyata buah melon mengandung banyak manfaat untuk kesehata. Hebat bukan teman buah yang satu ini. Maka konsumsilah buah ini secara rutin, semoga bermanfaat dan selamat mencoba teman ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar