Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Si Orange Yang Bergizi




Wortel, siapa yang tak kenal dengan sayuran satu ini hayo ? payah deh kalo sampai ga tahu sama sayuran yang satu ini. Wortel si buah sejenis umbian dengan warna orange segar, membuat mata yang melihat buah yang satu ini ingin segera mengkonsumsinya, haha. Pasti sudah banyak yang tahu juga kalau sayur wortel banyak digunakan untuk bahan makanan, kalau teman-teman sering mengkonsumsi sop buatan ibu dirumah pasti tahu, wortel sering digunakan untuk campuran dalam masakan sayur sop, wortel membuat warna pada sayur sop semakin menarik untuk dimakan. Ketika memakan sayur sop akan merasakan lezatnya sayur wortel, dan yang lezat lagi, teman-teman kan mendapatkan manfaat yang tak terduga dari buah wortel ini ^^, hebat bukan ? Selain itu, sayur wortel juga sering digunakan untuk modifikasi makanan-makanan hidangan tamu, ya semacam kue basah gitu lah ya. Selain untuk modifikasi makanan, wortel juga digunakan untuk jus lho teman-teman, lezat lho, asal teman-teman tahu ni ya, jus wortel mengandung sejuta manfaat lho. Jus wortel mempunyai manfaat, terutama untuk mata, menjaga kesehatan mata teman-teman. Maka tak heran banyak orang yang gemar dengan sayur wortel ini, cita rasanya yang oke, dan teksturnya yang renyah, sangat cocok sekali untuk dijadikan hidangan makanan yang menyehatkan.
Wortel sangat bagus dikonsumsi untuk anak-anak, karna anak-anak perlu gizi yang seimbang dalam menghadapi masa pertumbuhannya. Banyak manfaat yang bisa didaptkan dari wortel ini lho teman-teman. Wortel itu mengandung vitamin A yang tinggi lho.
Nah, berikut ini adalah manfaat si sayur wortel yang renyah ini :
Mencegah kanker.
Dibandingkan dengan sayuran yang lain, wortel paling banyak mengandung beta karoten lho teman-teman ,ya  rata – rata 12.000 IU ; para ahli menganjurkan 15.000 – 25.000 IU perhari  teman. Ini terkait kandungan tinggi beta karoten yang mampu mencegah penyakit kanker, karena sifat antioksidan yang mampu melawan kerja destruktif sel – sel kanker lho teman. Disamping itu juga  beta karoten  dapat membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan “killer cell” alami.

Memperbaiki Penglihatan dan M encegah rabun senja
Karoten juga baik untuk kesehatan mata teman-teman. Wortel juga membantu mencegah terjadinya rabun senja dan mampu memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran dengan  vitaminosis A, dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja, ngeri ya teman.

Menurunkan Kolesterol Darah
Didalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga berguna untuk mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel, dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin didalam tubuh.

Dapat Menyehatkan Kulit. Vitamin A yang terdapat di dalam buah wortel ini mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit anda. Selain itu, wortel juga mampu menghilangkan bercak hitam atau yang biasa disebut dengan flek hitam pada wajah.
Menjaga Kesehatan Mata. Wortel sudah sangat terkenal dapat menjaga kesehatan mata, vitamin A yang terkandung dalam wortel inilah yang sangat baik untuk kesehatan mata.
Membuat Awet Muda. Beta karoten yang terdapat pada buah wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negatif dari radikal bebas. Untuk itu wortel sangat baik dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit.
Mampu Mencegah Stroke. Ada sebuah penelitian terbukti bahwa wortel mampu menurunkan resiko terserang penyakit stroke. Cukup hanya dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah setiap hari. Bagi yang jarang mengkonsumsi wortel, mungkin ini akan berat.
Manfaat Wortel untuk kecantikan :
Mencegah Penuaan
Seperti yang telah dijelaskan diatas, wortel kaya akan beta-karoten yang bermanfaat sebagai anti oksidan yang dapat melawan tanda-tanda penuaan. Hanya dengan mengkonsumsi wortel segar secara rutin, kulit wajah akan terhindar dari penuaan dini. Untuk itu perbanyaklah mengkonsumsi wortel segar dan dapatkan kulit wajah yang segar dan cantik.

 Mencegah Jerawat
Detoksifikasi yang terdapat dalam wortel bermanfaat untuk menghindarkan kulit dari penyebab timbulnya jerawat. Selain itu wortel juga bisa digunakan sebagai terapi untuk kulit. Hanya dengan mengkonsumsi wortel segar kulit akan terhindar dari jerawat.

 Menghaluskan Kulit
Selain bermanfaat untuk mencegah penuaan dan jerawat, ternyata wortel juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan mengambil 2-3 wortel yang telah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Setelah itu oleskan ke daerah wajah sebagai masker. Tunggulah beberapa menit hingga mengering. Bilaslah dengan menggunakan air hangat. Sebaiknya gunakanlah seminggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 Mencegah Terjadinya Flek
Kandungan beta-karoten dan sun protector yang terdapat didalam wortel dapat bermanfaat sebagai payung ekstra terhadap sinar matahari sehingga kulit wajah terhindar dari flek-flek hitam.

Mengurangi Noda Hitam Pada Kulit
Selain dapat mencegah timbulnya jerawat, ternyata wortel juga dapat berfungsi untuk mengurangi noda hitam pada kulit. Dengan rajin mengkonsumsi jus wortel secara teratur setiap hari akan membuat kulit menjadi halus, lembut dan bebas dari noda hitam.

Wow, begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari sayur wortel ini, mudah didapatkan, harganya murah membuat orang menyukai sayur ini.
Ayo , yang ga suka sayur coba aja sayur yang satu ini , pasti ketagihan ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar