Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Manggis Oh Manggis



Manggis merupakan tumbuhan yang tumbuh pada daerah tropis, tingginya bisa mencapai 7 hingga 25 meter. Buahnya berwarna merah keunguan. Buah manggis sudah banyak ditemukan dipasaran, buah manggis banyak tersedia di supermarket ataupun di pasar tradisional. Rasa dari buah manggis adalah asam manis, bnayak masyarakat yang menyukai buah manggis ini. Buah manggis ternyata mempeinyai banyak manfaatnya lho, terutama pada kulitnya , luar biasa manfaat yang dihasilkan.
Manfaat kulit manggis sudah banyak dibuktikan lho oleh banyak orang, maka tak heran banyak orang yang berburu untuk mencari kulit manggis sebagai obat alami.
Berikut manfaat dari kulit manggis :
ü  Dapat mengatasi sesak nafas
ü  Sebagai alat bantu untuk sistem getah bening
ü  Membantu menyembuhakan kerusakan urat syaraf
ü  Dapat menggagalkan kerusakan DNA
ü  Dapat membantu pencegahan terhadap penyakit kanker
ü  Membantu menurunkan berat badan
ü  Dapat menyembuhkan sariawan
ü  Membantu mengurangi sakit kepala sebelah atau migrant
ü  Mampu memperkuat pembuluh darah
ü  Membantu mencegah penyakit jantung
ü  Meredakan sakit akibat radang sendi
ü  Sebagai antioksidan alami. Antioksidan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia untuk membantu melawan berbagai macam penyakit berbahaya akibat adanya radikal bebas.
ü  Meringankan penyakit gusi. Meskipun penelitian yang dilakukan untuk membongkar khasiat  dari buah manggis,  tapi  dalam beberapa penelitian menunjukkan hasilnya  yang sama, yaitu dapat membantu  mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh adanya pembengkakan atau peradangan-peradangan pada gusi. Para ahli-ahli  menemukan bahwasannya orang yang bermasalah dengan gusinya bisa mengoleskan jus atau cream yang terbuat dari buah ini.
ü  Mengurangi efek peradangan. Peradangan yang diakibatkan oleh masalah diabetes atau penyakit jantung dapat dikurangi dengan mengkonsumsi buah manggis yang hebat ini.


Ada  resep membuat jus kulit manggis :
Bahan :
·          buah Manggis (disesuaikan dengan kebutuhan lho ya , bisa 2 sampai 3 butir).
·         1 gelas air matang.
·         Madu secukupnya.
·         Gula yang memiliki kandungan kalori rendah (kalau bisa Gula Aren).
·         Blender
Cara pembuatannya:
Setelah bahan-bahan diatas sudah persiapkan, maka selanjutnya adalah memulai membuat jus kulit buah Manggis. Berikut adalah cara  membuat jus kulit buah Manggis yang harus dilakukan.
  • Keroklah kulit buah Manggis di bagian dalam dengan  sendok.Di  dalam tahap ini,  harus pandai-pandai memilih buah Manggis yang kulitnya bagus dan tidak busuk untuk memperoleh kulit buah yang  mempunyai kualitas tinggi. Saat dilakukan pengerokan kulit buah, hindarilah bagian yang  warnanya hitam atau getah kuning supaya jusnya tidak terasa pahit.
  • Setelah hasil kerokan kulit buah dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah merebus kulit dari buah Manggis tadi. Dalam  langkah adalah  alternatif kalau Anda tidak mau rasa jusnya terlalu pahit dan pahit. Maka dari itu  rebuslah terlebih dahulu, dan hasilnya  rasa pahit  dan sepat dapat  diminimalisir. Sebaikanya untuk tidak membuang air rebusan kulit Manggis tersebut dan sebaiknya simpanlah sisa air rebusan tersebut didalamlemari es atau  kulkas, untuk digunakan lagi besok pada kesempatan lain. Bahkan taman, beberapa herbalis menyarankan untuk menggunakan air rebusan tersebut sebagai instrumen terapi pengobatan beberapa penyakit lho.
  • Kemudian masukkanlah hasil kerokkan kulit buah Manggis tadi atau air rebusan kulitnya (jika memakai langkah yang kedua) ke blender, tambahkanlah  air matang sebanyak satu gelas saja, dan Gula Aren. Bisa juga  mencampurkan madu dan modifikasi beberapa buah sesuai selera, misalnya sepert mangga,  Alpukat  dan buah  lainnya untuk membantu mengurangi rasa yang sepat dan pahit.
  • Jus kulit buah Manggis pun telah siap untuk dikonsumsi. Sisanya  bisa disimpan  ke dalam wadah yang memiliki penutup, seperti  Tupperware, botol  dan simpan di dalam lemari es atau kulkas.

Aturan pakai:
Mengkonsumsi jus kulit buah manggis sebaiknya sebanyak 3 kali sehari, sebanyak 3-4 sendok setelah makan.
Yang patut diperhatikan:
  • Sebagaimana diketahui, kulit buah manggis tidak memiliki rasa yang enak ataupun lezat, begitu pula dengan rasa jusnya. Oleh sebab itu, sangat dipersilakan untuk melakukan improvisasi atau modifikasi sendiri baik itu dengan mencampurkan buah-buahan segar lain, campurkan dengan cuka apel, perasan dari  jeruk lemon, dan lainnya untuk membuat jus kulit maggis ini terasa lebih enak dan tidak membuat eneg.
  • Jangan  mengkonsumsi jus kulit buah Manggis ini dalam keadaan perut yang masih kosong, sebaiknya jika ingin mengkonsumsi jus kulit manggis makanlah terlebih dahulu.
  • Perlu diketahui juga bahwa permukaan jus kulit buah Manggis akan menghitam kalau terkena udara (makanya disarankan untuk disimpan di tempat tertutup).
  • Pada awal pemakaian, sangat mungkin perut akan merasa mual dan tidak enak. Tapi, biarkan saja karena tidak bahaya.  Apabila  rutin dilakukan, akan terbiasa dan perut bisa menerimanya denganm legowo ^^

Ternyata manfaat buah manggis sangat banyak apalagi kulitnya, sangat berperan penting untung kesehatan. Tak perlu membeli obat mahal untuk menyembuhkan penyakit, dengan racikan sendiri, obat herbal dari kulit buah manggis pun mampu membantu menyembuhkan penyakit, hebat bukan ?
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya ^^



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar