Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Softdrink Segar Mengerikan




Minuman ringan bersoda atau softdrink. Pasti kebanyakan orang menyukai minuman bersoda atau softdrink. Softdrink atau minuman ringan bersoda mudah didapat, harga yang cukup terjangkau dan praktis, itu kenapa banyak orang menyukai minuman ini. Berbagai macam warna dan rasa yang diciptakan dan ditawarkan dari minuman bersoda atau softdrink untuk menarik pembeli. Memang minuman ringan bersoda atau softdrink ini rasanya enak dan menyegarkan, apalagi kalau di minum dalam keadaan masih dingin, namun dibalik kesegarannya, resiko besar menunggu lho, ngeri bukan teman ?
Minuman ringan bersoda atau softdrink mengandung zat pewarna buatan, seperti asam fosfat, kimia karbonat, pemanis, bahan pengawet dan yang sering kita dengar kafein. Kandungan gula yang terdapat di dalam softdrink rata-rata sebesar 8-12 sendok teh, jumlah yang sangat berbahaya untuk kesehatan, apalagi untuk anak-anak dan ibu hamil
Untuk menjaga kesehatan sejak sekarang, perlu tau tentang bahaya yang tersembunyi dari kenikmatan sebotol softdrink, diantaranya :
ü  Tidak bisa menghilangkan rasa haus. Softdrink tidak bisa menghilangkan rasa haus dikarenakan softdrink bukanlah air yang dibutuhkan oleh tubuh, dengan tetap tidak memasok air ke dalam tubuh kita terus-menerus maka akan menyebabkan dehidrasi seluler kronis.
ü  Menguras kadar air dalam tubuh. Softdrink seperti diuretik yang akan menghisap kadar air  yang ada di dalam tubuh Anda. Pemrosesan gula  dalam softdrink dapat diatasi dengan meminum 8-12 gelas air untuk setipa botol softdrink yang diminum.
ü  Softdrink dapat membersihkan karat pada mobil dan benda logam lainnya. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi pada fungsi pencernaan dan organ tubuh lainnya.
ü  Mempengaruhi pencernaan. Kafein dan jumlah gula yang tinggi dapat mengentikan proses pencernaan. Ini berarti metabolism dalam tubuh bisa terhambat.
Sofdrink mengandung kafein, perlu kita ketahui kafein merupakan zat alami yang terdapat pada berbagai jenis  tumbuhan. Pada tubuh  manusia kafein berperan sebagai stimulant pada sistem saraf pusat dan sistem saraf metabolic. Meskipun memiliki manfaat termasuk sebagai antioksidan, kafein juga dapat menimbulkan resiko bagi kesehatan.

Beberapa efek negatif dari kafein :
ü  Keracunan kafein. Dimana kondisi atau keadaan gelisah akibat terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein. Telapak tangan berkeringat, jantung akan berdebar-debar dan merasa gelisah merupakan petunjuk bahwa telah mengalami overdosis. Kafein dapat  memperburuk depresi dan stress karena dapat mengganggu bahan kimia neurotransmitter penenang dalam otak yang disebut dengan adenosine. Kafein juga dapat berperan sebagai stimulant yang memicu kelenjar adrenal untuk mengeluarkan lebih banyak hormon stress, seperti adrenalin , adrenalin dapat membuat denyut jantung meningkat, sehingga  akan menyebabkan lebih cemas.
ü  Kecemasan dan gangguan tidur.
ü  Withdrawal. Kecanduan kafein dapat menyebabkan gejala withdrawal (gejala kecanduan), jika penggunaan kafein tidak  dihentikan, efek ini dapat berkisar dari ringan samapi parah, gejala yang akan muncul adalah sakit kepala, depresi ,kebingungan, mual-mual dan kelelahan.

ü  Merasa lebih lemas ketika menjelang sore. Mengkonsumsi beberapa minuman yang mengandung kafein dalam sehari dapat membuat seperti memiliki energi yang sangat tinggi, namun kemudian akan turun secara drastic menjelang sore hari, sehingga ketika menjelang sore akan merasa lebih lemas.
ü  Mulas
ü  Kafein dan jantung. Efek kafein terhadap jantung masih dalam penyelidikan, jika kafein dikonsumsi dalam jumlah moderat, kafein tidak memiliki efek positif maupun negative terhadap jantung. Mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak kafein akan meningkatkan tekanan darah, yang sering dikaitakan dengan penyakit jantung, juga meningkatnya risiko serangan jantung dan stroke.
Ada beberapa makanan yang mengandung unsur kafein, seperti :
ü  Coklat. Si eksotik yang manis ini memang lezat, banyak orang menyukainya, apalagi anak-anak. Namun perlu diketahui bahwa kafein ditemukan secara alami dalam biji kakao. Kadar kafein yang ditemukan di dalam coklat cukup banyak, yaitu setiap 1 ons coklat mengandung sekitar 20mg kafein. Semakin gelap coklat maka akan semakin tinggi kadar kafeinnya. Maka tidak baik apabila terlalu banyak mengkonsumsi coklat, apalagi untuk buah hati yang sedang dalam masa pertumbuhan.
ü  Pil pereda sakit/nyeri. Sedikit kafein dapat membantu mengurangi sakit kepala, tapi kafein dalam jumlah yang besar akan berbahaya.
ü  Permen penyegar nafas. Dalam kategori ini termasuk perment mint dan  jenis permen karet. Dua  permen penyegar nafas mengandung kafein yang sama dengan secangkir kopi.
ü  Oatmeal Instant. Perlu berhati-hati dengan sarapan sehat, beberapa merk oatmeal instant menambahkan kafein ke dalam kemasannya. Komposisinya bisa melebihi kafein dalam secangkir kopi.
ü  Es krim. Hati-hati untuk makanan yang satu ini, ternyata beberapa merk es krim ras kopi terkenal mengandung sekitar 30 dan 40 miligram kafein per stengah cangkirnya. Es krim coklat mengandung lebih sedikit kafein, ya tergantung mereknya, biasanya sekitar 3 miligram.
ü  Kuaci. Kuaci dari biji bunga matahari mengandung folat, vitamin B16, dan vitamin E. Namun satu porsi kuaci mengandung 140 miligram kafein, ya kurang lebih sama dengan empat kaleng minuman bersoda.


Jadi, minum minuman bersoda atau softdrink boleh-boleh saja, namun perlu diingat, tidak boleh mengkonsumsinya terlalu berlebihan. Dampaknya yang akan ditimbulkan pun akan semakin tinggi.
Semoga bermanfaat^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar