Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Mengenal Minuman Kesehatan





Manusia sebagian besar terdiri dari cairan, sehingga wajar jika keterkaitan kesehatan tubuh dengan air sangatlah erat.
 Air putih merupakan minuman yang murah dan  paling baik untuk kesehatan tubuh, tiga gelas sehari atau 8 gelas sehari seperti yang dianjurkan para ahli. Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya :
·          Mampu meningkatkan energi  tubuh mengalami kelelahan saat beraktivitas
·         Membantu membuang racun atau toxin yang ada dalam tubuh melalui urin yang dikeluarkan.
·         Mampu membuat kulit lebih segar, sehingga kulit terlihat awet muda dan terhindar dari kulit kusam
·         Mampu meningkatkan fungsi kerja otak
·         Mengurangi resiko batu ginjal


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi minuman yang sehat, diantaranya :
§  Mengawali menu minuman atau makanan pagi dengan mengkonsumsi sayuran. Bisa dengan berbagai olahan minuman yang baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya dengan membuat jus yang dibuat dari bermacam sayuran, seperti, jus wortel, jus brokoli, jus ketimun dan sayuran lain yang mengandung air dan serat yang tinggi.

         Wortel


Wortel merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi dan mineral, maka tak heran jika wortel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya :
v  Sumber vitamin
v  Mencegah kanker
v  Membantu menjaga fungsi hati
v  Meningkatkan penglihatan

Brokoli

Brokoli  merupakan sayuran yang kaya akan berbagai macam vitamin dan nutrisi, sayuran ini      mempunyai banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu : melawan tumor dan kanker, baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, brokoli baik juga  untuk kesehatan mata, dan menjaga agar  tubuh tetap sehat selalu.



Timun

Timun adalah jenis sayuran yang murah. Timun sangat mudah didapatkan kapanpun dan dimanapun  selama masih berada di pasar ataupun disupermarket. Timun memiliki 90% kadar air. Buah ini merupakan sumber vitamin C, vitamin E, mineral, kalium, kalsium fosfor dan magnesium. Timun memiliki banyak manfaat, diantaranya : bisa untuk menyembuhkan diare, menyembuhkan thypus, mengurangi pembengkakan dan iritasi pada mata, membuat kulit tampak lebih halus, membantu memerangi penyakit gusi dan kerusakan gigi. Begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buah ini, namun tidak baik juga jika terlalu banyak mengkonsumsi jus timun, apalagi untuk para gadis, karena dapat menyebabkan keputihan.

§    Menkonsumsi minuman teh hijau 2 cangkir setiap harinya. Teh hijau memiliki lebih banyak manfaat dari pada teh hitam. Manfaat teh hijau diantaranya adalah membantu melindungi dan memperlambat pertumbuhan beberapa jenis kanker, membantu mengurangi penyakit jantung, membantu menurunkan berat badan, membantu menurunkan kadar keseimbangan gula darah.
§  Mengindari minuman bersoda dan kafein. Minuman yang mengandung soda tidak baik jika dikonsumsi belebihan, karena soda menyerap begitu banyak cairan tubuh  sehingga akan merasa haus walaupun sudah banyak mengkonsumsi minuman bersoda. Sedangkan minuman yang mengandung kafein dapat mengganggu kesehatan ginjal, karena endapan kafein tersebut.

Jus segar dan menarik yang menyehatkan untuk kesehatan tubuh.

Kesehatan keluarga sangatlah penting, apalagi untuk si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan dan sangat rentan terhadap penyakit, orangtua harus lebih jeli terhadap minuman ringan yang beredar saat ini, adanya kandungan zat pewarna dan zat pengawet yang berbahaya apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, juga beresiko tinggi terhadap kesehatan tubuh. Alangkah baiknya bila orangtua menyiapkan minuman yang segar dan menarik untuk si kecil, yang banyak menandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan anak. Salah satunya dengan membuatkan jus segar dari buah-buahan. Buah- buahan dapat diolah menjadi jus yang segar dan menarik yang tak kalah menarik dengan minuman ringan yang mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan tubuh si kecil.  Banyak buah yang mengandung kaya akan vitamin dan nutrisi untuk si kecil, contohnya jus tomat merah dan jus apel. Jus tomat merah  dan jus apel mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan buah hati , yaitu :

ü  Jus Tomat Merah



Jus tomat merah mengandung vitamin dan mineral dalam tomat merah cukup tinggi, seperti vitamin A, vitamin C, fosfor, kalsium dan zat besi. Semua kandungan zat tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan influenza, gusi berdarah, dan meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.




  J Jus Apel


 
Jus apel mengandung vitamin A yang sangat tinggi, bermanfaat untuk mencegah dan mengobati influenza pada anak dan membantu menjaga kesehatan mata.






Resep Jus Sehat


Fit Sayur. Fit sayur merupakan jus yang terdiri dari campuran sayuran dan buah, diantaranya sawi.
Bahan :
  • 2 lembar sawi
  • 1 iris nanas
  • 1 iris apel
  • gula cair 

Cara : Masukkan semua bahan tersebut kedalam blender. Blender semua bahan tersebut. Bisa disajikan dengan menggunakan es atau tidak, sesuai selera anda.
Jus ini cocok untuk dikonsumsi, karena sawi, nanas dan apel mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan, diantaranya :

Sawi
Sawi merupakan sayuran yang sama seperti bayam yaitu gudangnya fitonutrien. Fitronutrien dikenal berkhasiat untuk mencegah penyakit. Selain itu sawi hijau juga bermanfaat untuk mengendalikan kolesterol dan mengurangi berat badan, membantu mengatasi wasir, sembelit, juga penyakit kanker usus besar, membantu melawan beberapa jenis kanker, serta dapat membantu melawan radikal bebas dan infeksi virus.

Nanas 
Nanas merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyerang sel-sel kekebalan tubuh. Nanas juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit.





Apel
Apel merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya : membantu mengurangi berat badan, mencegah  penyakit asma, mengontrol kolesterol, membersihkan dan menyegarkan mulut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar