Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Kehebatan Si Kecil Kacang Hijau


Kacang Hijau

ya tentu banyak orang yang sudah mengenak tumbuhan ini. Kacang hijau adalah jenis tanaman palawija dan budidaya yang dikenal daerah tropika. Kacang hijau termasuk tumbuhan suku polong-polongan yang memiliki banyak manfaat dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Kavang hijau merupakan sumber bahan pangan berprotein nabati yang tinggi. Di Indonesia kacang hijau menempati urutan ketiga sebagai bahan pangan terpenting setelah kedelai dan kacang tanah.
Biji kacang hijau merupakan bagian paling bernilai ekonomi. Biji kacang hijau banyak dimanfaatkan  untuk berbagai bahan makanan, misalnya untuk bubur kacang hijau, sebagai isi onde-onde, bakpau atau gandas turi.
 Kacang hijau mempunyai banyak manfaat untuk  kesehatan, kacang hijau mengandung protein yang tinggi lho, dan juga merupakan sumber mineral penting, antara lain fosfor dan kalsium. Kacang hijau juga memiliki kandungan lemak, diantaranya asam lemak tak jenuh.
Kalsium dan fosfor yang terdapat di dalam kacang hijau berguna  untuk memperkuat tulang lho. Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang baik untuk mereka yang ingin menhindari lemak yang tinggi. Kadar lemak yang rendah di dalam kacanh hijau membuat bahan makanan dan minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah berbau.
Beberapa manfaat kacang hijau :
ü  Dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak bayi
ü  Kaya protein alami yang baik untuk kesehatan
ü  Kandungan fosfor baik untuk pertumbuhan tulang
ü  Dapat membantu mengobati penyakit diabetes (kelebihan gula darah)
ü  Kacang hijau dapat membantu menjaga kesehatan jantung lho ^^
ü  Kacang hijau juga mampu meningkatkan nafsu makan
ü  Kacang hijau juga mampu memaksimalkan kerja syaraf
ü  Sebagai sumber energy untuk tubuh

Selain itu kacang hijau juga bermanfaat untuk :
Kolesterol. Bagi penderita kolesterol dapat menguranginya dengan mengkonsumsi kacang hijau setiap hari. Kacang hijau merupakan makanan yang rendah kolesterol dan juga banyak mengandung serat yang mudah larut.
Kanker payudara. Kacang hijau mengandung zat yang dapat membantu memerangi infeksi virus. Zat ini dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker tertentu yang ditemukan pada kanker payudara, zat ini juga dapat membantu menghambat dan mencegah sel-sel tumor.
Pasca Menopause. Kacang hijau nutrisi isoflavon yang membantu pengaturan aktivitas hormonal. Isoflavon merupakan kelompok phytoestrogen, yang membuat kacang hijau bersifat estrogenic secara alamiah. Mengkonsumsi 90 mg per hari phytoestrogen dapat membantu perempuan pasca menopause dalam mencegah dampak buruk dari osteoporosis dengan merangsang pembentukan tulang.


Diabetes
Kacang hijau adalah makanan yang memilki  indeks glikemik yang cukup rendah, berarti kacang hijau adalah  makanan yang bagus untuk dikonsumsi oleh  para penderita diabetes. Makanan yang kadar glikemiknya rendah dapat menyebabkan kadar gula yang sehat lho. Bagi teman-teman yang mengkonsumsi jenis makanan dengan indeks glikemik yang rendah cenderung mempunyai tingkat lemak tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti halnya roti dan minuman ringan.
Protein
Manfaat kacang hijau bagi ibu yang sedang hamil atau yang menyusui.
Sangat banyak nutrisi yang kita dapatkan bila kita mengkonsumsi kacang hijau tersebut setiap hari atau secara teratur. Bukan hanya kacang hijau, anda juga bisa mendapatkan manfaat dari jenis kacang-kacangan yang lain seperti kedelai yang sering kita jumpai dalam menu makanan setiap harinya. Kacang kedelai bisa dijadikan untuk membuat tahu  dan tempe yang tentunya memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatn, begitu pula dengan kacang hijau.

Kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk ibu yang sedang hamil, yang sedang menyusui,  untuk anak-anak, untuk remaja, untuk dewasa, dan untuk manula. Ini  dikarena kacang hijau memiliki kandungan yang sangat di butuhkan oleh tubuh, diantaranya adalah : protein, lemak, vitamin B1 dan B2, kalsium, fosfor dan karohidrat, asam folat, .
Selain manfaat diatas, ternyata kacang hijau juga bermanfaat untuk ibu hamil dan calon buah hati lho, nah berikut adalah kandungan serta manfaatnya :

1. Asam folat. Asam folat yang ada pada kacang hijau sangatlah baik untuk kesehatan, terutama untuk  ibu yang sedang  hamil. Mengapa bisa begitu ya? ini disebabkan asam folat yang terdapat  pada kacang hijau dapat membantu memaksimalkan perkembangan sistem syaraf serta mencegah kerusakan permanen pada bayi (cacat). Maka dari itu, sebaiknya ibu hamil dan menyusui sangat disarankan mengkonsumsi kacang hijau baik saat masa kehamilan atau sebelum masa kehamilan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Vitamin B1 dan B2. Dua  vitamin yang hebat ini,  berguna lho  untuk membantu proses penyerapan protein secara maksimal, membantu mengantisipasi kecacatan pada fungsi saraf janin yang ada dalam kandungan, membantu mengoptimalkan pertumbuhan pada janin yang ada dalam kandungan, dan juga membantu menghilangkan juga mengatasi rasa lesu, letih dan lelah.

3. Kandungan protein yang cukup tinggi. Protein ini bisa membantu janin yang ada dalam kandungan untuk berkembang secara optimal dan perfect. Protein ini  juga dapat membantu  mengurangi resiko terkena cacat pada janin yang ada di dalam kandungan.

4. Lemak. Kandungan lemak yang terdapat pada kacang hijau sangat bermanfaat untuk memberikan cadangan makanan untuk badan , dapat menjaga kestabilan suhu tubuh pada ibu yang sedang hamil, dan dapat melindungi organ-organ penting yang ada pada tubuh.

5. Karbohidrat. Kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat yang sangat kompleks yang mudah dicerna. Karena itu ibu yang sedang hamil akan lebih kuat dalam menjalani rutinitas  dan tidak mudah lelah.

6. Kalsium dan fosfor. Manfaat kacang hijau yang lainnya adalah untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang-tulang pada janin yang ada dalam kandungan, selain itu fosfor dan kalsium juga dapat menguatkan tulang-tulang ibu hamil dan menyusui.

Ternyata banyak juga manfaatnya untuk ibu hamil dan calon buah hati, tentunya sangat baik bila rutin mengkonsumsi kacang hijau agar lebih sehat ^^

Ada resep Minuman dari kacang hijau
Bahan:
ü  150 gram kacang hijau
ü  4 liter air
ü  150 gram gula merah, disisir
ü  250 gram gula pasir
ü  Setengah ruas jari jahe, kemudian kupas kulitnya

Cara Masak:

1. Kacang Hijau dicuci bersih lalu rendam dengan air hingga pecah, ya kkurang lebih 1 jam lah ya. Setelah itu rebuslah 2 liter air sampai mendidih, kemudian masukkanlah kacang hijau yang direndam tadi. Di tunggu sampai cukup lunak, kemudian masukkanlah gula merah. Aduk-aduk sampai gula mulai larut, lalu matikanlah apinya. Di tunggu hingga dingin ya.
2. Setelah dingin, lalu Saring kacang hijau. Sisihkan rebusan air  kacang hijau tadi  dalam wadah lain. Blenderlah kacang hijau, kemudian ditambah dengan air, gula pasir dan jahe.
3. Lalu saring dalam panci yang berisi rebusan air kacang hijau.
4. Ampas Kacang hijau di blender lagi lah, ditambahkan dengan air dan gula. Ulang-ulang  sampai air dan gula habis.
5. Setelah itu, rebus air sari kacang hijau, masukkanlah  garam secukupnya saja, cukup tunggu sampai mendidih.
6. Diminum selagi masih hangat, mantap, karena ada aroma jahenya yang oke. Diminum dengan es batu juga bisa, sesuai selera ^^
Selamat mencoba

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar